Daihatsu Hi Max Review

Daihatsu Hi Max

Daihatsu merilis salah satu jagoannya yang diberi nama Daihatsu Hi Max. Julukan bagi mobil ini adalah jagoan angkut karena kapasitasnya sebagai mobil untuk mengangkut banyak barang.  Mobil ini cocok digunakan sebagai sahabat usaha karena bentuknya yang kompak, gesit, mesin yang bertenaga dan juga responsif. Harganya juga terjangkau bagi anda yang memulai sebuah usaha.

Daihatsu Hi Max
Daihatsu Hi Max. Photo of OLX

Spesifikasi Daihatsu Hi Max

Semua tipe Hi Max hanya memiliki satu jenis mesin yang sama yakni 1.0L dengan kapasitas 998 cc. Tenaga yang dihasilkan mesin sebesar 56 HP dengan torsi maksimum 85 Nm. Jumlah silinder mesinnya masih menggunakan 3 buah dengan masing-masing 4 katup DOHC. Suspensi depan menggunakan MacPherson Strut, sementara suspensi belakangnya adalah Rigid Axle.

Begitu pula dengan jenis transmisi yang digunakan yakni hanya manual dengan 5 level kecepatan. Jenis penggeraknya adalah RWD atau bagian belakang. Dimensi mobil memiliki panjang 3395 mm, lebar 1475 mm, tinggi 1770 mm, dan ground clearance setinggi 160 mm. Bahan bakar yang digunakan adalah bensin dan disuplai oleh sistem fuel injection.

Fitur keselamatan yang ada pada mobil tergolong standar, di aantaranya adalah crash sensor, child safety locks, pelindung benturan di bagian depan dan samping, dan sabuk pengaman untuk penumpang. Tak seperti Daihatsu Sirion, fitur keamanan menjadi kelemahan bagi kendaraan ini karena tidak ada alarm, akses smart entry, immobilizer dan perangkat anti maling.

Interior Daihatsu Hi Max

Bagian trim pintu mobil Hi Max juga jauh lebih stylish dibandingkan mobil lain di kelas pick up. Meski masih terbuat dari plastik, namun sudah ada arm-rest untuk pngemudi, handle pintu dengan huruf D dan juga engkel putar untuk menaik turunkan jendela. Seluruh bagian interior termasuk trim pintu menggunakan warna abu-abu gelap.

Di hadapan kemudi adalah stir dengan 2 palang tanpa adanya power steering. Di balik kemudi ada speedometer yang minimalis. Head unit mobil tidak memiliki AC sehingga di bagian bawah hanya ada tombol dummy. Sementara fitur hiburan di mobil ini ada radio AM/FM, USB, AUX dan slot SD card. Tentunya, head unit ini sangat lengkap di kelas pick up.

Kursi mobil hanya terdapat dua buah saja, untuk 1 pengemudi dan satu penumpang. Keduanya dilengkapi headrest yang bisa diatur scara manual. Beda dengan Daihatsu Terios, Hi Max sudah memiliki jok yang dilapisi dengan kulit sintetis sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Jika kursi pengemudi dibuka, maka mesin mobil akan terekspos.

Exterior Daihatsu Hi Max

Khas bagian depan dari Hi Max sebenarnya mirip dengan Gran Max. Ukuran grille di bagian depan sangat besar dengan warna hitam. Bagian atas grillee teerdapat wiper, sementara di bagian bawahnya adalah tempat plat yang posisinya ada di samping sebelah kanan. Hi Max hanya ada dua warna yang hadir di Indonesia, yakni hitam dan putih.

Lampu mobil menggunakan halogen multi reflektor dan kacanya sudah tidak menggunakan tipe buram lagi sperti edisi sebelumnya. Tidak seperti mobil penumpang Daihatsu Sigra, mobil yang dikhususkan untuk berniaga ini tidak memiliki lampu kabut di bagian depannya.  Di bagian pilar sebelah kiri, terdapat sebuah antena model tarik karena mobil sudah memilki head unit.

Bagian samping mobil terdapat spion yang masih digerakkan secara manual. Spionnya terbuat dari plastik dengan warna hitam dan tidak ada peenambahan lampu sein. Velg mobil masih menggunakan velg kalng khas kendaraan komersil dengan ukuran R13. Sementara ban mobil adalah Dunlop SPLT-35 dengan profil 145/80 R13.

Bak mobil di bagian belakang memiliki bagian yang bisa dibuka di sisi tengah untuk mengakses mesin mobil. Ukuran baknya cukup mini sehingga mobil mampu meenembus jalan kecil. Lampu mundur mobil hanya ada satu yakni sisi kanan, sementara lampu stop dan lampu sein ada di kedua sisi. Bagian bawah belakang ada sebuah ban cadangan yang sama dengan ban terpasang.

Harga Daihatsu Hi Max

Hi Max hanya terdiri dari dua varian, yakni STD dan AC&PS. Keduanya memiliki harga yang berbeda sekitar Rp 8 juta. Tipe Hi Max STD dibanderol dengan harga Rp 102,5 juta. Sementara Daihatsu Hi Max AC&PS dijual dengan harga Rp 110,05 juta. Meski dari segi peforma keduanya biasa saja, seri AC&PS sudah memiliki AC sehingga pengemudi dan penumpang merasa nyaman di peerjalanan.

Bagi anda yang sedang berada di kota Yogyakarta dan membutuhkan kendaraan untuk berkeliling di kota budaya ini, anda mendapatkan kendaraan terbaik di berbagai rental mobil Jogja dengan harga yang terbaik.